[INFO] Reclaim The Night Dalam Rangka IWD 2013

reclaimthenight#ReclaimTheNight merupakan ajakan kepada para perempuan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional / International Women’s Day 2013 dengan #KeluarMalam sebagi simbol bagi perempuan untuk merebut malam yang selalu ditabukan bagi perempuan.

Mengapa #ReclaimTheNight ini penting? Karena perempuan selalu dianggap tabu untuk keluar malam atau melakukan aktivitasnya pada malam hari di luar rumah. Untuk itu #ReclaimTheNIght juga ingin menyampaikan pesan bahwa perempuan punya hak untuk keluar malam dengan aman dan nyaman.

Saat ini perempuan masih dianggap beresiko dan dianggap tabu apabila keluar malam, bahkan tak peduli apapun alasannnya, contohnya: Lilis Lisdawati, seorang buruh di Tangerang ditangkap sepulang bekerja shift malam di pabrik karena dituduh pelacur. Aparat menyatakan Lilis korban salah tangkap. Tetapi stigma terlanjur melekat dan membuat Lilis akhirnya jatuh sakit dan meninggal. Atau ingat Putri di Aceh? Akibat #KeluarMalam nonton konser, ia dituduh pelacur. Gadis 16 tahun itu memilih bunuh diri karena stigma negatif yang ditanggungnya. Ada juga Fifi Aryani yang saat ia #KeluarMalam, satpol PP melakukan razia, karena ketakutan ia lari dan nekad menyebur ke sungai kemudian tewas. Masih banyak pengalaman buruk lain lainnya yang dialami perempuan akibat ditabukannya keluar malam bagi perempuan.

Apabila perempuan bisa keluar malam maka kita tidak pernah merasa aman. Padahal semua orang punya hak untuk keluar malam.

#ReclaimTheNight ini mengajak para perempuan untuk bersama-sama membawa aktivitas yang biasa dilakukan di dalam rumah ke ruang publik. Bisa merajut, menulis, membaca, melukis, memotret, ngobrol, menyanyi, bermain musik, menari, minum kopi, membaca puisi, dsb.

Lokasi: Bundaran Hotel Indonesia
Tanggal: 8 Maret 2013
Jam: 20:00 WIB – Selesai

Silahkan datang dengan pakaian apa saja yang nyaman dan teman-teman suka, dengan membawa perlengkapan aktivitas masing-masing, dan mari #ReclaimTheNight :)

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply