‘One Billion Rising’ Kampanye menari Bersama Menolak Anti Kekerasan

posterobr_SapriyadiTanggal 14 Februari nanti pasti sobat polimoli tau akan ada hari valentine kan? Nah tahu gak sih sebenarnya tanggal tersebut juga memperingati hari lain loh.

V-Day atau biasa disebut dengan Vagina Day, jauhi dulu pikiran buruk sebelum baca penjelasannya berikut ini. Tanggal 14 Februari ‘One Billion Rising’ atau gerakan satu milyar perempuan atau siapa saja yang peduli, berkumpul untuk berjuang melawan kekerasan. Mereka lalu bersatu dan menari bersama. Kegiatan ini sudah berlangsung 16 kali, di setiap kota besar kegiatan tahunan ini akan selalu diadakan.

Tahun lalu bersama dengan jutaan orang di 217 negara, ribuan peserta Indonesia menari bersama sebagai bentuk seruan antikekerasan.

Maraknya diskriminasi, pelecehan, dan pemerkosaan terhadap perempuan inilah yang membuat para aktivis lalu mencetuskan ide untuk melakukan hal ini. Menurut dari sebuah penelitian, satu dari tiga orang wanita pernah diperkosa sekali dalam hidupnya.

ONE BILLION RISING akan menggerakan dunia, mengaktifkan perempuan dan laki-laki di setiap negara. V-Day ingin dunia melihat kekuatan kolektif kita, jumlah kita, dan solidaritas lintas batas kita.

Sebagai bentuk aspirasi banyak orang mengumpulkan masa dan melakukan sesuatu, entah itu mogok makan, berorasi, demo besar besaran hingga banyak yang terlibat kerusuhan. OBR ini beda, sebagai gerakan global yang seluruh dunia juga akan melakukannya mereka memilih untuk menari. Kenapa harus menari? Menari itu mendobrak, menyenangkan, seksual, suci, membebaskan, menularkan dan menari berarti menerobos aturan –aturan diskriminatif yang mengikat. Kita dapat menari dimanapun, kapanpun, dengan siapa saja dan gratis. Menari itu menegaskan bahwa kita memiliki ruang dan dapat bekerja bersama untuk melawan kekerasan. Menarilah sebagai bentuk ketidaksetujuan terhadap kekerasan dan bergabunglah dalam acara One Billion Rising. Bangkit, Lepas dan Menari untuk Keadilan!

“Dance is dangerous, joyous, sexual, holy, disruptive, contagious, it breaks the rules. It can happen anywhere, anytime, with anyone and everyone, and it’s free. Dancing insists we take up space, we go there together in community. Dance joins us and pushes us to go further and that is why it’s at the center of ONE BILLION RISING.”

Nah jadi menari itu bisa menggambarkan semua emosi yang ada dalam diri manusia, jadi paling pas untuk OBR adalah menari.

“OBR Indonesia melibatkan semua individu anggota masyarakat yang peduli dengan isu-isu kekerasan terhadap perempuan. Untuk memperkuat pesan dan mengekspresikan solidaritas dengan korban kekerasan kami melakukan gerakan one billion rising ini. Salam bangkit,” kata Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) dan Perempuan sekaligus sebagai Salah Satu Penggagas Awal One Billion Indonesia, Dhyta Caturani saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Kamis (6/2/2014).

Dhyta mengatakan, gerakan OBR ini bertujuan untuk memecah kebisuan terhadap isu-isu kekerasan seksual terhadap perempuan. “Karena ketabuan dan stigma terhadap perempuan yang harapannya akan membuat lebih banyak orang peduli dengan isu-isu kekerasan terhadap perempuan,” katanya.

Tahun ini monas akan menjadi lokasi ratusan orang menari, “Rangkaian acara itu terdiri dari pemutaran film dan diskusi terkait isu-isu kekerasan terhadap perempuan, pembuatan foto dan video kampanye serta latihan rutin. Puncak acara akan diselenggarakan di Monas pada tanggal 14 Febuari 2014,” kata Dhyta.

Dhyta mengatakan masyarakat yang ingin bergabung menari bersama menyerukan antikekerasan dan ikut diskusi atau menonton pemutaran film dapat menghubungi OBR Indonesia.

“Bisa langsung datang saat latihan di Kalibata City lobi tower jasmine atau follow twitter @OBR_Indonesia untuk informasi detailnya,” kata Dhyta.

Seru banget kan? Nah jika kalian sobat polimoli merasa peduli terhadap sesamanya boleh kok ikut bergabung bersama mereka lewat web ini http://www.onebillionrisingindonesia.org/. Diharapkan dengan kampanye ini akan menghapus kekerasan pada wanita dan anak-anak.

Tunggu apalagi guys? Daripada gak ada kegiatan waktu Valentine nanti mending ikutan OBR ini dan menari bersama! Tunjukan bahwa kalian peduli!

Sumber: Polimoli.com

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply