[PRESS RELEASE] Bangkit, Lepas dan Menari untuk Keadilan – OBR Jogja

Tiap tahun, kekerasan seksual selalu menjadi agenda utama perjuangan perempuan. Namun ironisnya,  kasus kekerasan seksual selalu meningkat tiap tahunnya. Tahun 2012, menurut catatan Komnas Perempuan terdapat 4.336 kasus kekerasan seksual yang terjadi di seluruh Indonesia. Pun terjadi di tahun berikutnya, angka kasus kekerasan seksual tidak pernah turun dan justru mengalami kenaikan yang signifikan.

Semangat melawan dan menolak segala bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan mendasari One Billion Rising  (OBR) digelar. OBR merupakan kampanye global yang dimulai tahun 2013 dan diikuti oleh 207 negara termasuk di dalamnya Indonesia. Kampanye ini adalah aksi perlawanan  dan solidaritas dari perempuan korban kekerasan dan siapapun yang mendukung pemenuhan hak perempuan yang diwujudkan dalam bentuk tarian.

“Ini adalah bentuk tuntutan akan kondisi yang lebih aman bagi perempuan dimanapun perempuan berada” ujar Tia, Koordinator OBR Jogja tahun 2014. “OBR merupakan aksi global yang memanggil kesadaran setiap individu untuk menolak kekerasan terhadap perempuan, tetapi karena di Indonesia kekerasan seksual menjadi hal darurat; maka kekerasan seksual kami pilih untuk menjadi agenda tahunan OBR di Jogja,”

“Dengan menari, kami ingin memanggil semua orang untuk menuntut keadilan revolusioner” tambah Tia.

Rise, Release, Dance for Justice ! adalah semangat yang akan dibawakan sepanjang aksi OBR di Yogyakarta. Bangkit, lepas dan menari untuk keadilan adalah ajakan bagi semua orang, bagi siapapun yang peduli terhadap perempuan dan ingin menghentikan kekerasan seksual.

OBR akan digelar di Yogyakarta serentak dengan OBR di seluruh dunia. Pada waktu yang sama Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung dan banyak tempat di dunia akan menggetarkan semangat yang sama. Aksi ini akan digelar pada Jumat, 14 Februari 2014 pukul 15.00 WIB dimulai dari Lapangan Parkir Abu Bakar Ali hingga Titik Nol km Yogyakarta.

Di hari itu, sepanjang Malioboro akan dipenuhi oleh semangat perlawanan yang diekspresikan lewat tarian peserta OBR di Yogyakarta.

Siapapun yang ingin bergabung dapat mendaftar dengan mengirim sms ke 08562931423 ketik Nama_FB_Twitter.

Dengan menggabungkan semangat maka solidaritas akan bertambah besar dan penghapusan kekerasan seksual diharapkan dapat terwujud.

Tautan :
http://www.onebillionrisingindonesia.org
FB : One Billion Rising Jogja
Twitter : @OBR_Jogja

Kontak:
Koordinator Umum OBR Jogja – Tia 085743554134
Koordinator Acara  -  Ema (085 234 831 703)
Divisi Media – Ika 0818278587

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply